Entri Populer

Selasa, 15 Maret 2011

Awas, Radiasi Terbawa Angin Hingga Samudera Pasifik

TOKYO – Angin yang bertiup di atas kompleks PLTN Fukushima, yang mengeluarkan radiasi ke udara di timur laut Jepang, akan mengarah ke barat dan menuju ke Samudera Pasifik hari ini.

Badan Meteorologi Jepang di Fukushima mengatakan, kecepatan angin akan bertambah kencang pada siang hari. Angin berhembus dengan kecepatan 12 meter per detik. Demikian dilansir dari Reuters, Rabu (16/3/2011).

PLTN Daiichi Fukushima yang dikelola oleh Perusahaan Listrik Tokyo (Tepco) terletak di sekira 240 kilometer utara Tokyo di pesisir timur laut Jepang.

Pagi hari ini waktu setempat dikabarkan kebakaran kembali terjadi di reaktor No 4. Insiden tersebut menyebabkan beberapa orang mengungsi dari ibu kota yang sudah terkena radiasi tingkat rendah. Namun, tingkat radiasi tersebut belum membahayakan kesehatan manusia.

Stasiun televisi NHK  pagi ini waktu setempat mengatakan api tidak lagi terlihat di PLTN.

Gempa dahsyat dan tsunami pada Jumat 11 Maret telah merusak sistem pendingin di PLTN. Hal tersebut memaksa Tepco memompa air laut ke dalam reaktor. Kerusakan di PLTN menyebabkan radiasi tersebar ke udara.

Pihak berwenang Jepang mengatakan radiasi di Tokyo 10 kali di atas normal pada Selasa 15 Maret saat angin berhembus dari utara dan timur laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar