Entri Populer

Sabtu, 12 Maret 2011

Tsunami Jepang Seret IHSG ke Zona

lustrasi. Foto: Tangguh Putra/okezone
 
JAKARTA - Gempa yang menyebabkan tsunami di Jepang Jumat kemarin berpotensi memberikan sentimen negatif bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Indeks Nikkei pada pukul 01.28 lalu ambles hingga 179 poin ke 10.254,43.

"Saya rasa dengan adanya bencana tsunami ini kemungkinan IHSG akan terseret ke zona merah pada penutupan perdagangan kali ini. Tapi ini merupakan koreksi yang wajar karena dalam kurun waktu empat sampai lima hari ini, indeks selalu berada dalam zona hijau," ungkap analis pasar modal PT Ecocapital Securities, Cece Ridwan, saat dihubungi okezone, Minggu (13/3/2011).

Cece menambahkan, selain sentimen negatif yang diberikan akibat bencana tsumani ini, pelemahan IHSG kali ini cenderung diakibatkan juga oleh aksi profit taking yang dilakukan investor.

"Selain karena bencana, investor cenderung juga melakukan profit taking, dan saya perkirakan IHSG kali ini akan terjadi sedikit koreksi sampai ke level di atas 3.520," jelasnya.

Selain itu, pelemahan ini juga berpengaruh karena disisi lain ekspor Indonesia terhadap Jepang sangat tinggi, kemudian banyaknya kerja sama yang dilakukan anatar Indonesia dengan Jepang seperti Astra yang otomatis akan berpengaruh terhadap pergerakan IHSG.

Namun Cece mengungkapkan bahwa sentimen negatif akibat bencana tsunami ini hanya bersifat kontemporer. "Saya rasa ini hanya bersifat kontemporer. Yang lebih berpengaruh nantinya tetap saja konflik yang terjadi di Libia dan Arab Saudi," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar